Puskesmas Bakal Dilibatkan Dalam Penanganan Wabah Corona

0
33

viralbanget.COM, JAKARTA – Sekjen Kementerian Kesehatan drg Oscar Primadi mengatakan pihaknya bakal mengoptimalkan peran Puskesmas dalam penanganan wabah virus corona.

Oscar mengatakan dalam waktu dekat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes bakal menginisiasi penguatan kemampuan dari Puskesmas.

“Dalam waktu dekat Ditjen Yankes sedang menginisiasi untuk memberdayakan Puskesmas,” ujar Oscar ketika memberi sambutan didiskusi soal Covid-19 melalui Webinar, Selasa (31/3/2020).

Menurutnya, Puskesmas memiliki peran penting dalam mendeteksi dan mencegah penyebaran virus corona ini.

Baca: Pemerintah Tetapkan 4 Lokasi Isolasi Bagi WNI Pulang dari Luar Negeri

Kemenkes bakal memperkuat kemampuan dari tenaga kesehatan yg ada di Puskesmas untuk menghadapi corona.

Oscar mengatakan pihaknya bakal memberikan pelatihan kepada tenaga kesehatan di Puskesmas.

“Puskemas sebagai ujung tombak dalam konteks detect dan prevent. Itu dilakukan upaya-upaya penguatan bagi tenaganya. Insya Allah dalam satu dua hari ini sudah kita lakukan pelatihan-pelatihan untuk tenaga puskesmas,” ucap Oscar.

Baca: Berapa Lama Masa Inkubasi Virus Corona di Dalam Tubuh Manusia? hingga Paru-paru Target Utama!

Oscar mengatakan pihaknya bakal membekali tenaga kesehatan Puskesmas untuk menjelaskan soal self isolation yg dapat dilakukan oleh masyarakat.

Menurut Oscar, Puskesmas memiliki peran penting dalam mendekatkan pelayanan serta penerangan mengenai virus corona kepada masyarakat.

“Upaya-upaya ini tentunya peran puskesmas bakal sangat besar sekali, dalam upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yg berada di runah dan keluarga masing-masing,” pungkas Oscar.