Lagi, Teuku Wisnu Ditegur KPI Soal Tayangan

0
646

Kabar24h-Beberapa waktu lalu Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) mengeluarkan sanksi administratif Teguran Tertulis untuk program acara “Berita Islami Masa Kini” yang dibawakan oleh Teuku Wisnu di Trans TV pada 1 September 2015 pukul 17.01 WIB.

Program itu menyinggung soal amalan surat Al-Fatihah yang dianggap salah. Beberapa pernyataan dalam acara itu, menurut KPI dan berpedoman pada Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS), dapat menyinggung dan menimbulkan kesalahpahaman karena adanya perbedaan pandangan/paham dalam agama Islam.

teuku wisnu

Kini (KPI) kembali melayangkan teguran dans saksi tegas pada acara yang dipandu Teuku Wisnu dan juga Zaskia Adya Mecca. Ceritanya, pada salah satu tayangan tanggal 6 Oktober lalu, program yang dipandu oleh Teuku Wisnu dan juga Zaskia Adya Mecca itu mengangkat topik yang cukup sensitif.

Terlebih lagi, ada beberapa cuplikan yang cukup mengganggu dan membuat penonton merasa tidak nyaman ketika menyaksikannya.

“Berita Islami Masa Kini yang ditayangkan oleh stasiun TRANS TV pada tanggal 6 Oktober 2015 pukul 16.55 WIB tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan anak-anak dan remaja sebagaimana diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) KPI Tahun 2012,”

“Program tersebut mengangkat topik ‘kelalaian orang tua yang berakibat fatal’ dengan menampilkan cuplikan video-video anak kecil yang kepalanya terjepit pintu, tenggelam di kolam dan terjatuh dari eskalator.”

KPI Pusat menilai muatan eksplisit tersebut dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan kengerian bagi penonton yang menyaksikan acara tersebut,” beberapa penggal tulisan dari surat teguran KPI itu.