Hotman Paris Ungkap Kejanggalan Jatuhnya Lion Air dari Pecahnya Black Box Lion Air PK-LQP

0
387

viralbanget-Empat hari setelah Lion Air PK-LQP yg jatuh di Teluk Karawang dalam perjalanan dari Jakarta ke Pangkal Pinang, Black box atau kotak hitam pesawat Boeing 737 Max 8 sudah ditemukan Basarnas.

Black box yg ditemukan masih satu bagian, padahal di dalam pesawat terdapat dua bagian black box, yaitu flight data recorder (FDR) dan voice cockpit recorder (VCR). yg baru ditemukan adalah flight data recorder.

“Satu (untuk) merekam pembicaraan, yg satu merekam perjalanan pesawat. Berarti ini baru satu, diharapkan satu bisa ditemukan agar makin lengkap,” ujar Budi Karya, Menteri Perhubungan, di kantornya, Kamis (1/11/2018).

Hal serupa disampaikan Wakil Ketua KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) Haryo Satmiko. “Investigasi harus dengan dua black box. Kami masih mencari satu black box lagi,” ujar dia.

Kotak hitam itu ditemukan di balik lumpur dasar laut, di kedalaman sekitar 30 meter, setelah tim penyelam menggali-gali lumpur itu sekitar satu meter, mengikuti sinyal yg diterima alat pemindai, kata Sertu Hendra, salah satu anggota tim penyelam Yon Taifib-Batalion Intai Amfibi.

Black box dirancang sedemikian rupa sehingga bisa menyimpan dan menyelamatkan data penting tersebut.

Kotak pembungkusnya terbuat dari aluminium, lalu ada lapisan insulasi yg berfungsi melindungi peranti dari suhu tinggi, dan di bagian terluar ada pembungkus dari bahan titanium atau baja.

Sebelum dipasang di jet komersial, kotak hitam berulang kali diuji untuk memastikan benda itu tidak mudah rusak atau hancur. Jarang sekali kotak hitam pesawat hancur atau tidak bisa ditemukan.

Dalam sejarah penerbangan modern kasus seperti itu hanya terjadi beberapa kali

 

Kotak hitam