Gubernur Sutarmidji Salahkan Seluruh Anggota Dewan Mempawah! Sanksi Bakal Tak Gajian 6 Bulan

0
109

MEMPAWAH – Sebanyak 35 anggota DPRD Mempawah masa jabatan 2019-2024 tidak bakal mendapat gaji selama enam bulan ke depan.

Hal ini sebagai bentuk sanksi keterlambatan pengesahan Raperda APBD 2020.

Merujuk diUndang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pasal 312 ayat 2 yg berbunyi:

“DPRD dan kepala daerah yg tidak menyetujui bersama rancangan Perda tentang APBD sebelum dimulainya tahun anggaran setiap tahun sebagaimana dimaksud ayat (1) dikenai sanksi administratif berupa tidak dibayarkan hak-hak keuangan yg diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan selama 6 (enam) bulan.”

Bupati Mempawah Erlina mengaku sudah melaksanakan sesuai aturan.

Ia mengatakan, semua langkah-langkah yg tertuang dalam aturan sudah dilaksanakan, walaupun diakhirnya belum menemui titik temu antara legislatif dan eksekutif. 

“Kita eksekutif sudah menyerahkan RAPBD 9 September 2019, maka sampai 29 November terhitung 60 hari. Ini kita sesuai aturan, langkah-langkah kita sesuai aturan,” ujar Bupati.

• Wakil Ketua DPRD Mempawah Angkat Bicara Tanggapi Pernyataan Gubernur Kalbar Sutarmidji

• Permasalahan Dewan dan Kepala Daerah di Mempawah dan Melawi Jadi Tamparan Keras

Ia pun mengaku sebenarnya tidak ingin terjadi permasalahan tetapi pihaknya tetap harus mengikuti aturan.

Terkait pihaknya yg tidak mengikuti sidang paripurna yg digelar oleh DPRD, Bupati juga memiliki alasan tersendiri yg menurutnya tetap mengacu diaturan. 

“Karena kalau sesuai aturan maka DPRD harusnya sudah selesai 30 November, tetapi mereka membuat jadwal ulang. Dibuka 2 Desember hingga 30 Desember. Nah sesuai aturan pembahasan harus sudah selesai satu bulan sebelum tahun anggaran,” tuturnya.

Menurutnya, jika jadwal pertama dilakukan tidak bakal terjadi masalah.