Digadang Gadang Jinakkan Banjir China, Three Gorges Dam tak Berdaya hingga Warga China Frustasi

0
176

BANJIR bandang melanda sebagian besar wilayah China yg dilalui Sungai Yangtze meski China sudah membangun dam raksasa, Three Gorges atau Tiga Ngarai.

Awalnya banjir melanda kawasan di bawah (hilir) dam Three Gorges, seperti Yichang, Wuhan dan Jiangxi.

Namun curah hujan yg sangat tinggi kini juga mengguyur daerah hulu Sungai Yangtze yg berada di atas dam Three Gorges seperti Kota Chongqing.

Publik China mulai mempertanyakan keandalan dam Three Gorges yg dulu dibangga-banggakan China menjinakkan banjir Sungai Yangtze dan mulai beroperasi penuh sejak 2012.

Bahkan beberapa situs berita yg tidak berafilisasi dengan pemerintah China melansir kegelisahan warga membuat menarik simpanan dari bank.

Mereka khawatir banjir bakal membuat perbankan lumpuh karena banjir menghancurkan tanaman mereka. 

Kawasan banjir China
Kawasan banjir China (scmp)
Lokasi dam Three Gorges
Lokasi dam Three Gorges (twitter)

Melansir south china morning post, banjir kali ini merupakan terburuk yg melanda Tiongkok dalam beberapa dekade.

Hujan lebat sudah mengenangi 27 dari 31 provinsi negara itu sejak Juni, mempengaruhi lebih dari 37 juta orang dan menewaskan 141 orang atau hilang, kata Kementerian Manajemen Darurat, Senin.

Kerugian ekonomi diperkirakan mencapai 86 miliar yuan (US $ 12,3 miliar) sejauh ini.

Sebagai perbandingan, banjir besar tahun 1993 di sepanjang sungai Mississippi dan Missouri dan anak-anak sungainya – salah satu banjir paling mahal dan menghancurkan yg terlihat di Amerika Serikat – mengakibatkan sekitar 50 kematian dan 54.000 orang diungsikan.

Sam raksasa Three Gorges yg digadang-gadang menjadi mengendali banjir di China. Foto dari media pemerintah China, 18 Juli 2020
Sam raksasa Three Gorges yg digadang-gadang menjadi mengendali banjir di China. Foto dari media pemerintah China, 18 Juli 2020 (globaltimes)