Barbie Kumalasari dan Nikita Mirzani Suntik Stem Cell Agar Kulit Kencang, Asli Dari Plasenta Bayi?

0
125

“Memang tidak ada regulasinya buat kecantikan. Soalnya itu tidak bisa di BPOMin juga karena kan bahan organik. Kebanyakan barangnya impor, lokal juga ada tapi sangat terbatas,” ujar dr Chandra dihubungi diRabu (15/1/2020).

dr Chandra menyebut, banyaknya klinik kecantikan yg memberikan layanan stem cell tidak lebih dari faktor latah demi bisnis saja.

Menurutnya, keaslian sel punca yg ditawarkan setiap klinik juga harus diuji lebih lanjut.

Demi Naikkan Nilai Jual
Bahkan, ia menyebut, banyak bahan yg kemudian dilabeli dengan stem cell hanya untuk kepentingan “jualan” semata.

“Banyak yg klaim-klaim saja. Stem sell kalau dibotol itu namanya bukan stem cell, itu namamya sel terapi. Apalagi yg stem cell sayur atau buah apel dan anggur itu jelas bukan stem cell. Cuma nama stem cell untuk jualan saja,” jelasnya.

Risiko Sel Punca Jika Disuntikkan ke Wajah
Terkait plasenta bayi yg kerap diistilahkan oleh klinik sebagai stem cell plasenta, dr Chandra menyebut sebenarnya penggunannya punya risiko besar ketika disuntikkan ke wajah orang.

“Sel punca nambah hormon dan punya risiko lumayan besar. Plasenta bayi memang lumayan mahal kalau sudah masuk lab,” terangnya.

dr Chandra sendiri pernah mencoba menggunakan apa yg disebut stem cell itu.

Ia ketika itu penasaran ketika banyak klinik lain menggunakannya. Tetapi, ia beranggapan hasil dari metode itu tidak lebih bagus dari metode kecantikan lain yg sudah ada.

“Saya pernah dikasih stem cell, saya coba nggak bagus, banyak metode yg lebih jelas hasilnya. Kalau buat kecantikan ya menurut saya kurang ya. Saya sudah mencoba sendiri. Tapi kalau yg lain coba dan dia anggap bagus, ya itu kan penilaian masing-masing ya,” ujarnya.

Hubsch Clinic, yg terletak di Ruko Bellepoint, Jalan Kemang Selatan VIII, Selasa (14/1/2020). Klinik tersebut digrebek polisi karena praktik suntik sel punca atau stem cell ilegal.
Hubsch Clinic, yg terletak di Ruko Bellepoint, Jalan Kemang Selatan VIII, Selasa (14/1/2020). Klinik tersebut digrebek polisi karena praktik suntik sel punca atau stem cell ilegal. (Warta Kota/Feryanto Hadi)