5 Cara Sederhana Agar Tagihan Listrik PLN Tidak Membengkak

0
582

“Cara ini lebih simpel dan bisa diaplikasikan siapa saja,” kata Sampurno. Perangkat audio video, misalnya, tidak perlu dinyalakan sepanjang hari. Pergunakan hanya jika ingin menonton acara TV atau mendengarkan siaran radio. Begitu juga dengan peralatan rumah tangga lainnya, seperti mesin cuci, pendingin ruangan (AC), kompor listrik, water heather , setrika,vacuum cleaner , dan kipas angin.

Satu hal, tambah Sampurno,ketika mematikan alat-alat listrik “Cabut kabelnya dari stop kontak.

Beberapa alat, meski sudah dimatikan, ternyata masih berada dalam kondisi standby . Meski tidak besar, kondisi ini tetap menyedot energi listrik.

Anda tak perlu langsung sewot atau membentak-bentak anggota keluarga, bahkan pembantu, jika biaya pemakaian listrik terus melonjak.

Coba perhatikan kebutuhan listrik di rumah Anda. Berapa jumlah peralatan rumah tangga yang menggunakan energi listrik? Seberapa besar daya listrik yang dibutuhkan setiap alat? Berapa waktu atau seberapa sering alat tersebut dioperasikan?

Lantas, ada berapa banyak dan berapa lama,serta berapa besar daya setiap lampu yang digunakan dalam setiap ruang?

Dengan mencermati hal-hal tersebut di atas, Anda dapat menghitung kebutuhan listrik di rumah. Maka Anda pun dapat memperkirakan, berapa besar biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan.