Terbantahkan! Jokowi bersama Suku Anak Dalam Bukan Rekayasa

0
265

Foto Presiden Joko Widodo waktu mengunjungi Suku Anak Dalam (SAD) di Kabupaten Sarolangun menimbulkan kontroversi di media sosial. Foto yang ramai menjadi pembahasan di jejaring sosial menyebutkan ada unsur rekayasa pertemuan Jokowi dengan sejumlah masyarakat SAD.

Kepala Biro Humas Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jambi, Henrizal dengan tegas mengatakan tidak ada settingan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jambi terkait kunjungan serta dialog presiden dengan SAD.

“Setingan bagaimana? tidak ada rekayasa di situ, saya saja kaget katanya foto Presiden dan SAD ramai menjadi pembahasan di media sosial,” kata Henrizal, Senin (2/11/2015) malam.

Informasi dari petugas di lapangan menurut Henrizal, Presiden tiba di Sarolangun langsung mengunjungi SAD di Desa Bukit Suban Air Hitam, Sarolangun.

Dia mengatakan Presiden lebih dulu mengunjungi SAD yang memakai cawat (celana dalam,red) di areal perkebunan sawit. Kemudian Presiden menggunakan mobil menuju ke lokasi lain jaraknya sekitar satu jam perjalanan, dimana Dia menemui SAD yang sudah berpakaian.

Di lokasi tersebut Jokowi bersama dengan Penjabat Gubernur Jambi, Irman dan Bupati Sarolangun, Cek Endra sempat berdialog dengan warga SAD di sana. “Jaraknya sekitar satu jam menggunakan mobil,” katanya. Kontroversi antara warga SAD yang pertama dan kedua yang disebut-sebut orang yang sama, karena wajahnya mirip, menurut Henrizal tidak beralasan.

Pasalnya rata-rata Suku Anak Dalam melangsungkan perkawinan sedarah, sehingga ada kemiripan wajah antara mereka. Dan lagi menurut Henrizal masyarakat SAD sekarang ini walaupun tinggal di dalam hutan, banyak diantaranya yang telah berinteraksi dengan masyarakat dunia luar.