Pulau Berhala dan Pulau Salah Nama Terancam Direbut Malaysia

0
829

Kabr24h-Staf Ahli Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Bidang Hukum dan Pemerintahan, Ferlin H Nainggolan mengatakan, Pulau Berhala yang masuk dalam wilayah Kabupaten Serdangbedagai dan Pulau Salah Nama di Kabupaten Batubara, menjadi dua pulau kecil yang terancam direbut oleh negara tetangga, terutama Malaysia.

“Yang paling bahaya (paling terancam) itu, ya, Pulau Salah Nama, Pulau Berhala, dan satu lagi yang di Asahan, Pulau Tabu entah apa namanya itu. Seperti Malaysia itu. Bukan saya curiga, tapi setidaknya kita harus belajar dari dua pulau kita yang sudah diambil,” ujar Ferlin saat ditemui di ruangannya, Selasa (2/12/2015).

Ferlin menyebut di wilayah Sumut terdapat banyak pulau-pulau kecil. Tetapi ia tak dapat menyebutkan jumlah serta nama-namanya.

“Banyak sekali. Saya nggak ingat semua. Di Nias saja ada lebih kurang 15. Di Sergai ada Pulau Berhala. Batubara ada Pulau Salah Nama,” katanya.

Dalam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil yang dibentuk, selain untuk memproteksi dan melestarikan pulau-pulau kecil dan wilayah pesisir, Pemprov Sumut juga akan mengembangkan transportasi jalur laut yang bertitik tolak dari pesisir pantai dan pulau-pulau kecil tersebut.

“Ini mau dikembangkan jalur transportasi ini. Ini 2016 akan kami seriusi. Pokoknya ini nanti luar biasalah,” ujar Ferlin, seraya menambahkan, bahwa perlu dibentuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang khusus menangani wilayah perbatasan di Pemprov Sumut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here