Polisi Tangkap 14 Maling Mobil Mewah

0
268

Kabar24h-Sepanjang November 2015, Subdit Kendaraan Bermotor Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya berhasil menangkap ‎14 maling mobil mewah. Mereka beraksi lebih dari 120 TKP tidak hanya di wilayah hukum Polda Metro Jaya, tapi juga di Jawa Barat seperti Indramayu, Cirebon, dan Cimahi.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Krishna Murti mengatakan selain menangkap dan menahan 12 pelaku, polisi juga menyita 101 mobil mewah yang kini terparkir di lapangan Ditlantas Polda Metro Jaya.

“Dalam mengungkap kasus ini, anggota kami melakukan penelusuran ke Bandung, Jambi, Lampung, Palembang dan lainnya. Termasuk melibatkan juga kerjasama intensif dengan polda di wilayah,” ujar Krishna, Minggu (6/12/2015) di Polda Metro.

Krishna melanjutkan modus yang dilakukan para pelaku berbeda-beda diantaranya murni pencurian mobil, mengaku sebagai sopir lalu membawa kabur mobil, penipuan dan penggelapan, pencurian modus ban kempes, dan pencurian disertai pemalsuan surat kendaraan bermotor.

Menurut Krishna, angka pencurian mobil di wilayah hukum Polda Metro Jaya memang tinggi. Dimana sepanjang Januari-November 2015, tercatat ada 2059 kasus pencurian roda dua, satu pencurian roda tiga, dan 649 pencurian kendaraan roda empat.

“Metodenya ada yang pakai kunci palsu dan ada juga yang merusak kendaraan dengan kunci leter T, gunting gembok, bor obeng, tang dan lainnya,” tegas Krishna. Krishna menambahkan bagi masyarakat yang merasa kehilangan mobil, bisa mendatangi Polda Metro dengan membawa serta bukti dan surat-surat kendaraan. Apabila setelah dilakukan pengecekan, kendaraan itu benar milik korban maka akan dikembalikan tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Atas perbuatannya seluruh tersangka yakni PUR, HRS, DS, SAM, IPD alias JKW, ISH, RHM, CHR dan SW‎ kini ditahan di Polda Metro. Dan mereka dikenakan Pasal 363, 372, 378, 263 dan 481‎ KUHP ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara.