Pesawat Komersial Ini Bisa Terbang 25 Kali Kecepatan Suara, London ke Melbourne Cuma 90 Menit

0
995

Kabar24h-Dari London ke Melbourne hanya dalam waktu 90 menit, Paris ke San Francisco tidak sampai satu jam? Membutuhkan pesawat dengan kecepatan 25 kali kecepatan suara untuk dapat mewujudkan mimpi itu. Penerbangan hypersonic saat ini sedang digagas oleh para ilmuwan di Jerman. Hypersonic artinya lima kali kecepatan suara atau lebih, sedangkan supersonic adalah march 1 atau kecepatan suara itu sendiri.

Sejak Concorde dilarang terbang pada 2003, penerbangan komersial tidak ada yang mencapai kecepatan suara, tapi beberapa waktu ke depan mungkin situasi akan berubah. Konsep pesawat baru seperti Japanese HYTEX, dengan kemampuan Mach 5, atau European Lapcat-II, Mach 8 sedang dikembangkan.

Ilmuwan di Jerman yang tergabung dalam German Aerospace Center (DLR) sedang mengembangkan konsep mereka sendiri. Mereka telah mengaplikasikan teknologi penerbangan luar angkasa untuk diterapkan pada penerbangan komersial luar angkasa.

Hasil penelitian selama 10 tahun ini, para ilmuan di Space Launcher Systems Analysis (SART)  Bremen, penerbangan luar angkasa adalah solusi revolusioner yang mampu membawa sekitar 50 penumpang melintasi bumi dengan kecepatan 25 kali kecepatan suara.

Pesawat ini didorong oleh 11 roket untuk terbang menuju mesosphere. Ketika roket booster kosong, pesawat yang berisi penumpang memisahkan diri dan terus melaju.

Setelah mencapai ketinggian maksimal 80 kilometer, pesawat itu terbang turun menuju tujuannya. Bukan hanya sangat cepat, pesawat komersial luar angkasa ini juga sangat ramah lingkungan.

Bahan bakarnya adalah liquid oxygen and liquid hydrogen (LOX/LH2), sehingga limbah yang dihasilkan adalah air. Proses terbang hampir sepenuhnya otomoatis, tetapi tetap akan ada pilot yang memonitor. Dengan kemampuan seperti ini, sangat mungkin terbang dari Eropa ke Australia dalam waktu 90 menit.(cnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here