Pemkab Sintang Persiapkan Napak Tilas Apang Semangai

Pemkab Sintang Persiapkan Napak Tilas Apang Semangai

0

kabar24h, SINTANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang merencanakan peringatan Napak Tilas Apang Semangai di Desa Riam Panjang, Kecamatan Kayan Hulu pada November 2016 mendatang. Bupati Sintang, Jarot Winarno berharap semua pihak mempersiapkan secara maksimal.

“Ini sebagai momentum perhatian dan penghargaan Pemkab Sintang kepada Pahlawan Perintis Kemerdekaan RI, Apang Semangai,” ungkapnya kepada ratusan masyarakat Desa Riam Panjang di Gedung SDN 10 Riam Panjang, Selasa (12/7/2016).

Jarot meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sintang untuk segera menangani jalan, jembatan dan gorong-gorong mulai dari Simpang Beganjah hingga menuju Makam Apang Semangai.

Menurut Jarot, apabila diperbaiki maka ke depan Makam Apang Semangai bisa menjadi tempat ziarah yang mudah dijangkau.

“Saya minta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga bisa memprogramkan pelestarian dan penataan makam Apang Semangai,” pintanya.

Diakui Jarot, Kecamatan Kayan Hulu memiliki infrastruktur dasar terburuk dan hanya unggul sedikit dari Kecamatan Ambalau. Namun, pihaknya telah menuangkan semangat membangun dari pinggiran.

“Bapak Askiman (Wakil Bupati Sintang) ini keturunan ketujuh dari Apang Semangai. Saya yakin Desa Riam Panjang akan terus maju dan berkembang,” optimisnya.