Ingin Tahu Pedang Nabi Muhammad SAW, Ini Ciri-cirinya

0
83

Kabar24h-Replika pedang Nabi Muhammad SAW saat ini dipamerkan di pameran Pedang Nabi di acara Bogor Islamic Book Fair. Pemeran Pedang Nabi digelar di halaman Masjid Raya Bogor, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat. Bagi yang penasaran ingin tahu seperti apa pedang Nabi Muhammad SAW, berikut beberapa ciri-ciri pedang Rasulullah SAW tersebut.

Pedang Nabi Muhammad SAW berbentuk blade dengan dua mata pedang di ujungnya. “Kami persembahkan Pameran Pedang Nabi ini untuk warga Bogor, yang ingin melihat secara dekat benda bersejarah yang dipakai Nabi Muhammad SAW, pada zamannya ini,” ujar panitia Islamic Book Fair, Ahmad Syaifillah, kepada Kabar24h

Selain bentuknya blade, pedang Rasulullah SAW ini sangat indah karena dihiasai ratusan batu merah delima dan pirus yang menempel di sarung pedang tersebut.

Disamping itu, bagian gagang pedang berbalut emas dan berbentuk dua kepala ular. “Juga terdapat tulisan kaligrafi al-Kufi di bagian gagang pedang Nabi Muhammad SAW,” kata Ahmad Syaifillah. Tulisan di gagang pedang merupakan nama ayahanda Rasulullah SAW, yakni Abdullah bin Abdul Muthalib. Saat ini pedang Nabi Muhammad SAW ini disimpan dalam peti kaca beralaskan kain berwarna emas.

“Kalau dibuka, di ujungnya ini bermata dua. Memang tidak terlihat, karena sarungnya seperti pedang pada umumnya,” katanya. Selain pedang, dalam peti kaca juga terdapat busur panah milik Nabi Muhammad SAW.

Busur panah ini diberi nama Az Safra, atau si Kuning. “Busur panah ini berasal dari bambu kuning, makanya diberi nama Az Safra,” katanya. Busur panah ini, berbentuk melengkung, berwarna cokelat, dan sedikit lebih tinggi dari pedang Al Ma’thur.(*)