Info BMKG : Gempa Guncang Jogja Hari Ini

0
514

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan bahwa gempa bumi berkekuatan sekitar 4,5 SR yang mengguncang Jogja hari ini, Jumat, tanggal 25 September 2015, malam, tidak berpotensi merusak, melainkan hanya mengejutkan saja. Berikut ini info BMKG gempa terkini yang dirasakan oleh masyarakat di Jogjakarta dan sekitarnya.

Menurut Kepala BMKG DIY, Tony Agus Wijaya, gempa yang terjadi pada sekitar pukul 20.30 WIB itu berpusat di 12 km sebelah barat laut Gunungkidul dan pada kedalaman 10 km.

Guncangan gempa ini, lanjutnya, dirasakan oleh masyarakat yang bermukim di Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, bahkan hingga di beberapa wilayah Provinsi Jawa Tengah meskipun tidak terlalu besar getarannya.

“Kategori termasuk gempa menengah dan agak besar karena berada di darat gempanya,” jelas Tony Agus Wijaya di Yogyakarta belum lama ini”

“Karena gempanya dangkal sehingga dirasakan di sebagian di DIY seperti Bantul, Gunungkidul, sebelah timur dan selatan sebagian wilayah Kota Yogyakarta,” tambahnya.

“Intensitas getaran di masyarakat skala 3-4 MMI. Jadi, benda yang digantung bergoyang. Tetapi karena gempa menengah tidak ada yang merusak hanya merasa dikagetkan,” lanjut Tony Agus Wijaya.

Tony Agus Wijaya juga menegaskan bahwa gempa di Yogyakarta ini tidak ada hubungannya dengan kejadian serupa yang terjadi di Sorong, Papua, beberapa waktu lalu. “Tidak sama. Berbeda dengan di Papua,” tegasnya.

“Ini lokal lindu (gempa) ya, karena di darat, sumber gempanya jadi terasa, tapi tidak merusak. Ya yang mau tidur, tidak jadi tidur,” tutup Tony Agus Wijaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here