Hewan Unik Ini Ditemukan di Indonesia, Bikin Gempar Ilmuwan Barat, Apa Keunikannya?

Hewan Unik Ini Ditemukan di Indonesia, Bikin Gempar Ilmuwan Barat, Apa Keunikannya?

482

Kabar24h-Indonesia adalah surga bagi berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Baru-baru ini, ilmuwan dari Louisiana State University, Jake Esselstyn, bersama rekan-rekannya dari Indonesia dan Australia telah menemukan genus dan spesies baru tikus.

Dikutip Kabar24h.com dari sci-news.com, Tikus Hidung Babi atau Hyorhinomys Stuempkei ditemukan di semenanjung utara Pulau Sulawesi. Hasil penelitian dipublikasikan secara online dalam Journal of Mammalogy.

Tikus ini ditemukan berkat kerjasama tim ilmuwan dari Museum Zoologi Bogor, Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Lousiana State University, dan Museum Victoria. Nama genus ‘Hyorhinomys’ diambil dari kata ‘hyro’ yang berarti ‘babi’, ‘rhino’ yang berarti ‘hidung’, dan ‘mys’ yang berarti ‘tikus’.

Sementara itu, nama spesies ‘Stuempkei’ diambil dari nama samaran Gerolf Steiner, Harald Stuempke. Dia adalah penulis buku fiksi The Snouter yang bercerita tentang adanya tikus yang terpapar radiasi sehingga hidungnya menjadi panjang.