Hati Hati Jangan Tertipu, Ini 10 Makanan Palsu Buatan China, Salah Satunya...

Hati Hati Jangan Tertipu, Ini 10 Makanan Palsu Buatan China, Salah Satunya Daging Tikus rasa Sapi

955

China terkenal sebagai salah satu negara yang suka memalsukan makanan. Bahkan makanan palsu asal China ini berhasil beredar luas di pasaran hingga membuat banyak orang tertipu. Selain merugikan masyrakat , makanan palsu asal China ini juga sangat membahayakan.

Dan seperti yang dilansir dari Brilio.net, inilah dia 10 makanan palsu buatan China yang perlu kamu ketahui dan jangan sampai tertipu.

Yuk, simak bersama !

1. Bihun dan mie palsu

1

Salah satu makanan palsu asal China yakni bihun dan mie palsu yang berbahan dasar gandum busuk. Terungkapnya bihun dan mie palsu ini membuat  50 pabrik di Kota Dongguan, China ditutup oleh otoritas setempat.

2. Susu melamin

makanan palsu China

China juga sempat berhasil menciptakan susu melamin palsu yang terbuat dari bahan kimia. Diketahui pada 2009 53.000 bayi China dilaporkan mengalami keracunan produk susu palsu yakni mengandung melamin yang mampu meningkatkan kadar protein susu.

3. Daging babi palsu

makanan palsu China

Salah satu makanan palsu yang berhasil dipasarkan oleh China yakni daging babi palsu. Hal ini terungkap sejak tahun 2011, seorang wanita (tas wanita, Red)membeli satu pon daging babi dan mendapati daging tersebut mengeluarkan cahaya biru. Analisis oleh petugas keamanan pangan setempat menemukan bahwa daging babi itu terkontaminasi dengan bakteri phosphorescent.

4. Telur palsu

makanan palsu China

Selain daging , China juga berhasil menciptakan telur palsu yang terbuat dari bahan berbahaya yakni terdiri dari gelatin, air, dan pewarna makanan. Sementara cangkang telur terbuat dari lilin.

5. Kenari dipenuhi dengan semen.

makanan palsu China

Tak henti – hentinya China membuat makanan palsu yang salah satunya yakni cemilan kenari yang juga dipalsukan dengan menggunakan bahan dasar semen. Cemilan kenari ini memiliki isi kacang yang dicampur dengan  bahan bangunan seperti semen, lalu kulit kacang direkatkan kembali dengan lem.

6. Daging tikus rasa daging sapi

6

Belum lama ini China dihebohkan dengan daging tikus rasa daging sapi. Tercatat ada 900 orang di Cina telah ditangkap karena mencoba untuk memalsukan daging tikus. Daging tikus sebagian besar dijual sebagai daging sapi dan diproduksi di bawah kondisi yang sangat tidak sehat.

7. Beras palsu

makanan palsu China

Dan salah satu makanan asal China yang berhasil menyita perhatian masyarakat publik yakni beras palsu. Beras palsu ini umumnya dibuat dari kentang, ubi, dan resin sintetis yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mirip beras. Beras tersebut diduga beredar di sejumlah negara terutama India, Indonesia, dan Vietnam.

8. Anggur palsu

makanan palsu China

Salah satu makanan yang paling berbahaya di China yakni beredarnya anggur oplosan palsu yang terbuat dari jus buah murah namun didesain dan dilabeli dengan merek anggur terkenal sehingga tampak mahal.

9. Bakpao isi kardus

makanan palsu China

Dan salah satu makanan palsu yang sempat beredar di China yakni bakpau isi kardus. Bakpao isi kardus ini berupa roti kukus yang terbuat menggunakan rendaman kardus serta bahan kimia untuk melunakkan roti, dan perisa daging babi sehingga tekstur dan rasanya mirip daging.

10. Tahu kimia

10

Dua pabrik tahu di Wuhan, Provinsi Hubei dipaksa di tutup oleh pemerintah gara-gara menjual tahu palsu yang dibuat dari bahan-bahan kimia seperti rongalite dan bahan pemutih industri yang bisa memicu kanker.

Nah, itulah dia sepuluh makanan palsu asal china yang berbahaya.